Pemberantasan baja non SNI

Kamis, 2 Agustus, 2018
Kementerian Perdagangan (Kemendag) mengamankan 2 juta batang baja asal China tanpa Standar Nasional Indonesia

Kementerian Perdagangan (Kemendag) mengamankan 2 juta batang baja asal China tanpa Standar Nasional Indonesia, di Balaraja, Banten. Dirjen Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan, Veri Anggrijono menjelasakan produk yang dimankan ini terdiri atas berbagai merek dan ukuran hasil Produksi PT SS.

Pengamanan produk ini merupakan hasil dari kegiatan pengawasan Kementerian Perdagangan. Tindakan tegas dilakukan untuk mengamankan persebaran baja yang tidak sesuai standar dan membahayakan struktur bangunan.

Para pelaku usaha ini diduga melanggar dua pasal yaitu pasal 8 ayat (1) A Undang undang nomor 8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen dan pasal 57 ayat (2) undang-undang nomor 7 tahun 2014 tentang perdagangan.

Baja tulangan beton yang diamankan tidak memiliki sertifikasi produk pengguna tanda SNI (SPPT SNI) serta tidak memiliki nomor registrasi produk (NRP). Sehingga patut diduga baja baja ini tidak memenuhi persyaratan SNI dan hasil uji temuan di lapangan tidak memenuhi persyaratan SNI dan hasil uji temuan di lapangan tidak memenuhi persyaratan SNI. Imbasnya dapat menimbulkan kerugian bagi konsumen

Dirjen Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan, Veri Anggrijono mengatakan Dendanya Itu kurungan untuk UU perlindungan konsumen ancamannya kurungan 5 tahun dan denda Rp2 milyar. Kemudian untuk denda perusahaannya, tentunya akan kita lihat kembali karena ini Investasi asing kan kita ingin menarik investasi. Tapi investor dari China ini tetap kita himbau untuk mengikuti aturan yang berlaku"

Bahaya mengenai struktur bangunan yang menggunakan material yang tidak aman bisa saja membuat bangunan tersebut tidak memiliki kekuatan dan ketahanan yang sama dengan barang yang sudah sesuai standar. Penggunaan material dan barang yang memenuhi standar bisa menghindari bangunan baru dari terjadinya roboh ataupun miring.

Sebelumnya juga di Makasar Sulawesi Selatan Kemendag juga mengamankan 351.000 batang baja tulangan beton dari berbagai merek dan ukuran di Gudang CV. SMM. Hasil Pengujian menyimpulkan produk tersebut tidak memenuhi persyaratan SNI 07-2052-2002 tidak memiliki SPPT SNI serta tidak memiliki NRP. Nilai total dari sitaan yang dilakukan Kemendag ini mencapai Rp 70 miliar.

Sumber Berita

Tabloid Steelindonesia


Komentar Anda :
Share this post
Iklan

Customer Service : +62 851 0004 9473
Local Marketing : +62 878 8885 5265
International Marketing : +62 878 8885 5371
inforedaksi@steelindonesia.com
Kontak Kami

PT. Global Infotech Solusindo
Jalan Raya Jarakosta - MM 2100
Prapatan Neih Desa Sukadanau
Cikarang Barat, Kab. Bekasi, Jawa Barat 17843 - Indonesia
Telp. :+62 851 0004 9473
© Steelindonesianews. 2008 - 2018 . All Rights Reserved.