Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Umbulan Siap Beroperasi

Rabu, 3 Agustus 2016
Setelah 43 tahun direncanakan, akhirnya proyek sistem penyediaan air minum (SPAM) Umbulan, di Jawa Timur siap beroperasi.

Proyek yang telah direncanakan semenjak 1973 lalu, baru ditetapkan pada 2010 oleh Bappenas dan kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat sebagai salah satu showcase project dengan skema Kerja Sama Pemerintah Badan Usaha (KPBU).

Penandatanganan kontrak Proyek Infrastruktur Strategis Nasional Sistem Penyediaan Air Minum  Umbulan yang tercantum dalam Perpres No. 3 tahun 2016.Dengan nilai investasi Rp 2,05 triliun resmi diteken pada hari Kamis tanggal 21 Juli 2016.

Dalam penandatanganan perjanjian KPBU SPAM Umbulan, Menko Perekonomian Darmin Nasution mengatakan ini merupakan proyek pertama di sektor air yang mendapat dukungan Pemerintah dalam bentuk viability gap fund (VGF).

Penandatanganan tersebut dilakukan antara Gubernur Jawa Timur Soekarwo selaku penanggung jawab proyek kerja sama (PJKP) dengan PT Meta Adhya Tirta Umbulan selaku badan usaha yang  dibentuk oleh konsorsium PT Medco Gas Indonesia dan PT Bangun Cipta Kontraktor selaku pemegang lelang proyek KPBU SPAM Umbulan.

Finalisasi pendanaan untuk proyek SPAM Umbulan diharapkan bisa dilakukan pada bulan Oktober 2016. Dengan demikian, masa konstruksi bisa dimulai awal 2017.

Proyek Tersulit

Proyek KPBU SPAM ini merupakan proyek pertama yang tersulit karena melibatkan banyak kabupaten/kota. SPAM Umbulan melibatkan Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Sidoarjo, Kota Surabaya, dan Kabupaten Gresik dengan menyerap  investasi sebesar Rp 4,51 triliun, dengan porsi swasta (selaku badan usaha pemenang lelang) sebesar Rp 2,05 triliun. Sementara pemerintah memberikan dukungan kelayakan sebesar Rp 818 miliar, dan badan usaha akan bertanggung jawab menyediakan sebagian dana lainnya.

Air baku yang akan diambil dari mata air Umbulan di Kabupaten Pasuruan tersebut akan didistribusikan melalui pipa transmisi sepanjang 93,7 kilometer untuk PDAM di lima kabupaten/kota yaitu Kota Surabaya (1.000 liter per detik), Kabupaten Pasuruan (410 liter per detik), Kota Pasuruan (110 liter per detik), Kabupaten Sidoarjo (1.200 liter per detik), Kabupaten Gresik (1.000 liter per detik), dan akan dinikmati sekitar 1,3 juta jiwa.

“Pembangunan SPAM secara regional ini merupakan salah satu solusi untuk mengatasi keterbatasan air baku di beberapa kabupaten/kota. Hal ini sesuai dengan amanat UU Nomor 23/2014, tentang Pemerintah Daerah, yang menyebutkan bahwa kerjasama antar daerah dapat dilakukan atas pertimbangan efisiensi dan efektivitas pelayanan publik serta saling menguntungkan,” jelas Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Harga Sesuai jarak

Kepala Badan Penanaman Modal provinsi Jawa Timur Lili Soleh Wartadipradja mengatakan air akan disalurkan ke Kabupaten Pasuruan, Kota Pasuruan, Kabupaten Sidoarjo, Kota Surabaya, dan Kabupaten Gresik. Air yang bersumber dari mata air Umbulan di Kabupaten Pasuruan tersebut akan dialirkan melalui PDAM setempat.

Lili mengatakan  harga air ditentukan berdasarkan jarak wilayah  penerima air dengan sumber air. "Yang paling dekat yang paling murah," kata Lili seusai penandatangan perjanjian KPBU SPAM di kantor Kementerian Koordinator Bidang PerekonomianJakarta, Kamis, 21 Juli 2016. Dengan demikian, lanjut Lili, masyarakat di Kabupaten Pasuruan akan mendapatkan air dengan harga termurah.

Menurut Lili, Proyek Daerah Air Bersih (PDAB) menjual air seharga Rp1.050 per meter kubik ke Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Pasuruan. Sementara di wilayah terjauh yaitu Kabupaten Gresik, harga dipatok Rp3.700.  PDAM di Kabupaten dan Kota Pasuruan kemudian akan menjual air dengan harga Rp2.500. "PDAM untung dua kali lipat dengan adanya SPAM Umbulan," kata Lili.

Harga tersebut, menurut Lili, jauh lebih murah dibandingkan harga jual air selama ini di kelima wilayah tersebut. Untuk wilayah terdekat, harga air dipatok Rp 6.600 dan Rp 8.000 untuk wilayah terjauh. Lili mengatakan harga jual air bisa lebih rendah berkat bantuan pembiayaan dari pemerintah. "Biaya investasi yang ditekan juga menekan harga jual," kata dia.

Sumber Berita

Tabloid Steel Indonesia


Komentar Anda :
Share this post
Iklan

Customer Service : +62 851 0004 9473
Local Marketing : +62 878 8885 5265
International Marketing : +62 878 8885 5371
inforedaksi@steelindonesia.com
Kontak Kami

PT. Global Infotech Solusindo
Jalan Raya Jarakosta - MM 2100
Prapatan Neih Desa Sukadanau
Cikarang Barat, Kab. Bekasi, Jawa Barat 17843 - Indonesia
Telp. :+62 851 0004 9473
© Steelindonesianews. 2008 - 2018 . All Rights Reserved.