Aplikasi dan metode penggunaan PC Strand pada konstruksi

Senin, 14 September 2016

Aplikasi penggunaan pc strand biasanya digunakan untuk baja prategang dan beton prategang dengan sistem pascatarik. Metodenya beton di cor disekeliling selongsong (ducts). Posisi selongsong diatur sesuai dengan bidang momen dari struktur. Biasanya baja tendon tetap berada didalam selongsong selama pengecoran. Jika beton sudah mencapai kekuatan tertentu, tendon ditarik. Tendon bisa ditarik disatu sisi dan sisi yang lain diangkur. Atau tendon ditarik di dua sisi dan diangkur secara bersamaan. Beton menjadi tertekan setelah pengangkuran.

 

Pc strand juga digunakan pada jembatan kabel (cable stayed) sebagai penopang. Jembatan cable stayed merupakan tipe jembatan bentang panjang yang estetis dan sering digunakan sebagai prasarana transportasi yang penting. Struktur jembatan ini terdiri dari gabungan berbagai komponen struktural seperti pilar, kabel dan dek jembatan. Dek jembatan digantung dengan kabel prategang yang diangkur pada pilar. Dengan demikian, semua gaya-gaya gravitasi maupun lateral yang bekerja pada dek jembatan akan ditransfer ke tanah melalui kabel dan pilar.

 

Sistem kabel merupakan salah satu hal mendasar dalam perencanaan jembatan cable stayed. Kabel digunakan untuk menopang gelagar di antara dua tumpuan dan memindahkan beban tersebut ke menara. Secara umum sistem kabel dapat dilihat sebagai tatanan kabel transversal dan tatanan kabel longitudinal. Pemilihan tatanan kabel tersebut didasarkan atas berbagai hal karena akan memberikan pengaruh yang berlainan terhadap perilaku struktur terutama pada bentuk menara dan tampang gelagar.

 

Tim redaksi sempat mewawancarai salah satu produsen dari pc strand PT Bumi Steel Indonesia. “Saat ini kebutuhan akan pc strand sedang tinggi dikarenakan banyaknya pembangunan infrastruktur terutama jembatan yang menggunakan pc strand sebagai salah satu bahan untuk memasang jembatan dengan ukuran yang besar” ungkap Ibu Yenny salah satu staff dari PT Bumi Steel Indonesia. “Dan besar harapannya pemerintah ikut serta dalam dukungan kepada produsen lokal agar selalu eksis dan dapat bersaing dengan produk impor” tutupnya.

Sumber Berita :
Tabloid Steel Indonesia

Komentar Anda :

Share :

Baca Juga