PC Strand untuk Konstruksi Harus ber-SNI

Senin, 14 September 2016

Pemerintah telah menetapkan kawat baja untuk konstruksi beton pratekan ber-Standar Nasional Indonesia (SNI) melalui Peraturan Menteri Perindusrian yang terakhir  No 83/M-Ind/PER/10/2014 tentang pemberlakuan SNI Kawat Baja Beton Pratekan untuk Keperluan Konstruksi Beton secara Wajib, Peraturan Menteri ini berlaku 3 ( tiga ) bulan sejak ditetapkan tanggal 2 oktober 2014.

 SNI 1154:2016 tentang tujuh kawat baja tanpa lapisam dipilin untuk konstruksi beton pratekan (PC strand / KBjP-P7), merupakan revis standar SNI 1154:2011, yang disusun dalam rangka pemenuhan persyaratan keselamatan, kesehatan, keamanan dan lingkungan hidup (K3L) dalam penggunaan produk tujuh kawat baja tanpa lapisan dipilin untuk konstruksi beton pratekan yang sudah banyak dilakukan di Indonesia.

Kawat Baja untuk konstruksi beton pratekan untuk keperluan konstruksi beton  termasuk dalam Peraturan ini pada produk Nomer Pos Tarif / HS Code sebagai berikut  :

·         SNI 1154:2016 tujuh kawat baja tanpa lapisan dipilin untuk konstruksi beton pratekan (PC Strand KBjP-P7).

·         Nomer Pos Tarif / HS Code : Ex HS 7312.10.91.10.

·         Dimensi / Ukuran : 6,4 mm sd 17,8 mm

Dengan diterbitkannya Peraturan Menteri ini, maka pelaku usaha ( Industri ) dan Importir  Kawat Baja Beton Pratekan untuk keperluan konstruksi beton Wajib menerapkan SNI dengan pertama memiiliki SPPT SNI dan membubuhkan tanda SNI pada kemasan produk dengan cara penandaan yang tidak mudah hilang.

Pelaku Usaha ( Industri ) untuk mendapatkan SPPT SNI harus sudah menerapkan system manajemen mutu ISO 9001-2008 dan produksi berdasarkan SNI Kawat Baja untuk konstruksi beton pratekan sebagaimana diuraikan diatas.

Kawat Baja Beton Pratekan hanya dapat diimpor oleh Importir Produsen ( IP ) untuk tujuan ekspor. Import Kawat Baja Beton Pratekan wajib melalui pertimbangan teknis dari Direktorat Jendral Pembina.

SPPT SNI yang diterbitkan LSPro hanya dapat memuat 1 ( satu ) Perusahaan Perwakilan Produsen ( 1 perusahaan pemohon oleh 1 LSPro )

Sumber Berita :
Tabloid Steel Indonesia

Komentar Anda :

Share :

Baca Juga