PC Strand, Pilinan Kawat Baja Dengan Kualitas Tinggi

Senin, 14 September 2016

Salah satu produk baja yang banyak digunakan di konstruksi jembatan maupun jembatan layang adalah PC strand yang biasanya terdapat pada beton prategang.

Beton adalah suatu bahan yang mempunyai kekuatan tekan yang tinggi, tetapi kekuatan tariknya relatif rendah. Sedangkan baja adalah suatu material yang mempunyai kekuatan tarik yang sangat tinggi. Dengan mengkombinasikan beton dan baja sebagai bahan struktur maka tegangan telah dipikulkan kepada beton sementara tegangan tarik dipikulkan kepada baja.

PC Strand (KBjP-P7)  atau biasa juga disebut  tujuh kawat baja tanpa lapisan dipilin untuk konstruksi beton pratekan adalah gabungan kawat-kawat baja yang dihasilkan dari batang kawat baja diproses tarik dingin (cold wire drawing) sebanyak tujuh batang batang dipilin, kemudian dihilangkan sisa teganganya dengan proses perlakuan panas ( stress relieving) secara berkelanjutan untuk mencapai sifat mekanis sesuai spesifikasi yang ditetapkan dan digunakan pada konstruksi beton pratekan.

Bahan baku yang digunakan untuk PC Strand adalah baja karbon atau baja panduan dengan kualitas tinggi, bahan baku tersebut berupa wire rods.

Syarat mutu dari PC strand meliputi sifat tampak harus bebas dari minyak, gemuk, karat yang telah menyebabkan lubang atau retakan, serpihan, permukaan bergelombang yang dapat mengurangi nilai kegunaannya. Tidak diperbolehkan adanya sambungan antara pilinan, kecuali sambungan las tidak lebih dari satu kawat dari setiap pilinan dengan maksimum panjang kawat yang dilas adalah 45 meter.

Jika bagian pilinan dipotong, ikatan antara pilinan tersebut tidak boleh terurai. Apabila ada, uraian pilinan tersebut dapat dikembalikan ke posisi semula dengan tidak merusak material maka diperbolehkan.

Arah pilinan enam kawat baja bagian luar ke kanan (searah jarum jam) atau ke kiri (berlawanan jarum jam).

 

Sumber Berita :
Tabloid Steel Indonesia

Komentar Anda :

Share :

Baca Juga