Pipa Spiral, salah satu penunjang proyek infrastruktur nasional

Senin, 3 Oktober 2016

Pipa spiral dibuat hot roll coil dimana peralatannya terdiri atas alat de-coiling, strip connecting welder, straigtener roller, alat trimming, pre-bending, roller pembentuk, alat las dalam dan luar (Double Submerged Arc Welding – DSAW). Material melalui tahapan – tahapan proses diatas secara berkelanjutan. Sudut antara strip yang diumpankan dan pipa yang keluar dari mesin akan menentukan diameter pipa.

Salah satu keuntungan dari proses pembentukan dengan metode DSAW pada pipa spiral adalah dimungkinkannya untuk menghasilkan variasi diameter yang berbeda dengan menggunakan lebar coil yang sama. Jika dilihat dari segi harga tentunya pipa spiral lebih terjangkau dari pada pipa ERW maupun seamless.

Aplikasi spiral umumnya lebih banyak untuk konstruksi tiang pancang namun dengan perkembangan teknologi saat ini pipa spiral juga bisa digunakan untuk aplikasi lain tentunya dengan perlakuan lagi seperti penambahan coating, galvanising, dilapisi rubber maupun cladding atau overlay.

Keuntungan pemakaian pipa spiral untuk tiang pancang ataupun struktur diantaranya adalah lebih mudah dalam hal penyambungannya, memiliki kapasitas daya dukung yang tinggi selain itu untuk pengangkatan dan pemancangan tidak menimbulkan bahaya patah jika dibanding menggunakan material lain.

Pipa spiral digunakan hampir seluruh pelabuhan besar di Indonesia, selain itu juga ada proyek lain seperti pembangunan pembangkit listrik tenaga mikrohidro (PLTM), pembangkit listrik tenaga panas bumi (PLTP), proyek LRT serta pembangunan infrastruktur lain.

Pabrikasi pipa dapat dilakukan di lapangan atau pada suatu pembuatan pipa khusus di suatu tempat lalu dikirim kelapangan, baik melalui transportasi laut atau darat, sehingga dilapangan hanya merupakan penyambungan saja. Hal ini menguntungkan dari segi waktu, ongkos kerja dan pekerjaan dilapangan. Pemilihan keputusan untuk pabrikasi pipa di dilapangan atau di suatu tempat di luar lapangan bahkan dinegara lain, memerlukan perhitungan teknis dan ekonomis secara cermat.

Di Indonesia sendiri ada beberapa perusahaan yang memproduksi pipa spiral salah satunya PT Swarna Bajapacific, redaksi Steel Indonesia berkesempatan langsung mengunjungi pabriknya. Perusahaan yang berdiri sejak tahun 1989 ini mengkhususkan diri di pipa spiral dan produk pendukungnya.

Sumber Berita :
Tabloid Steel Indonesia

Komentar Anda :

Share :

Baca Juga