Katalog produk baja konstruksi (kbk) siap mendorong pertumbuhan industri baja dalam negeri

Senin, 5 September 2016

Finalisasi Katalog Baja Konstruksi yang diterbitkan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat akhirnya mencapai tahap akhir. Setelah mengalami tahap mulai dari konsinyering Serang, Bekasi, Batam, Surabaya dan monev disemua pabrik baja di Indonesia akhirnya terselesaikan juga. Atas dasar program pemerintah yang mewajibkan memakai produk SNI terutama untuk infrastruktur dan pembangunan dalam negeri. Katalog produk baja konstruksi ini adalah sebuah buku panduan yang berisi semua produk baja yang dipakai dunia konstruksi tetapi yang telah memenuhi Standar Nasional Indonesia (SNI).  Berisikan semua data yang berisi bermacam-macam produk baja dan direktori produsennya ini dijadikan satu dalam sebuah buku katalog. Semua data telah disaring dan divalidasi sesuai dengan masing-masing produk sesuai standar yang telah ditetapkan oleh pemerintah yang diberikan oleh masing-masing produsen.

“Katalog ini telah disusun setahun lebih dan alhamdulilah selesai” ungkap Ir. Rusli. MT Kasubdit Material dan Peralatan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat yang sekaligus menjadi salah satu tim penyusun dari katalog tersebut. Penyusunan katalog ini melibatkan para produsen, stakeholder, praktisi dan akademisi. “Penyebarannya untuk para satker (satuan kerja) dipusat maupun daerah dan kontraktor untuk acuan proyek, untuk itu katalog ini sangat penting” tambah Rusli.

Rencana kedepan untuk penyebaran informasi tentang katalog ini akan disosialisaikan ke 34 provinsi di seluruh Indonesia bekerjasama dengan Steel Indonesia. “Buku katalog ini tidak aan berguna jika tidak disosialisaikan, karena itu perlu disosialisasikan sebagai penyebaran informasi kepada para pengguna, satker, stakeholder, praktisi dan akdemisi” ungkap ketua tim ahli katalog baja konstruksi Ir. Singgih Wasesa. Perlu diketahui katalog ini juga sangat penting dikarenakan bisa mengenalkan produk baja lokal, produsen baja lokal dan diproduksi dalam negeri. Semua merek lokal, tabel ukuran dan pabrik baja yang masih berproduksi aktif tersedia didalam katalog ini.

“Informasi tentang produk baja lokal akhirnya bisa tersampaikan dan akan dilaunching pada pameran Steel Indonesia Expo 7-9 September nanti” tutup Rusli.

Sumber Berita :
Tabloid Steel Indonesia

Komentar Anda :

Share :

Baca Juga