Proses produksi dan standar dimensi pipa erw

Senin, 5 September 2016

Proses pembuatan pipa jenis ini melibatkan pelengkungan plat baja hingga ujung sisinya saling bertemu untuk kemudian dilakukan pengelasan pada sambungan ujungnya. Setelah itu residu pengelasannya dipotong dari dalam maupun dari luar, atau bisa juga area pengelasannya dikondisikan dengan panas tinggi untuk menyamarkan sambungan pengelasan agar tidak terlalu terlihat.

ERW atau las listrik resistensi adalah suatu metode pengelasan logam yang  menggunakan prinsip-prinsip tahan listrik sebagai sumber panasnya. Pada kedua permukaan yang disentuh muncul hambatan atau tahanan ketika arus listrik dialirkan dan kedua permukaan menjadi panas kemudian meleleh. ERW dibagi menjadi dua metode yaitu sambangan tumpang dan sambungan tumpul.

Untuk dimensi pipa digunakan pada metode yaitu NSP (normal pipe size) standar Amerika dalam Inci. Kemudian DN (Diameter nominal) standar Eropa dengan ukuran milimeter.

Ketebalan dinding pipa dinyatakan dalam schedule, pipa diproduksi dalam berbagai macam  ketebalan yang sudah distandarkan, setiap ketebalan tertentu diberi penamaan dalam bentuk schedule number jadi bukan dalam ukuran ketebalan sebenarnya )inci atau mm). selain schedule ada pula pengelompokan lain yaitu standar (STD), extra strong (XS) dan Double Extra Strong (XXS).

Sumber Berita :
Tabloid Steel Indonesia

Komentar Anda :

Share :

Baca Juga