Tower Crane

Rabu, 3 Agustus 2016

Tower Crane adalah suatu alat bantu yang ada hubungannya dengan akses bahan dan material konstruksi dalam suatu proyek. Bila dijabarkan lebih lanjut, fungsinya lebih dekat terhadap alat mobilisasi vertikal-horisontal yang amat sangat membantu didalam pelaksanaan pekerjaan konstruksi gedung.


Bagian-Bagian Penting dari Sebuah Tower Crane

Tower crane mempunyai beberapa bagian penting yang mempengaruhi fungsi dan kinerjanya, seperti:

Jib, yaitu lengan tower crane yang panjang yang dapat bergerak dengan arah horizontal dan berputar 360 derajat. Lengan ini mempunyai kabel baja (sling) yang digunakan untuk mengangkut bahan-bahan maupun alat yang akan digunakan pada proyek pembangunan.

Boom, komponen horizontal yang digunakan untuk mendukung proses pengangkatan dan penurunan beban pada titik selain yang langsung di bawah drum hoist atau troli, komponen ini dipasang pada troli.

Counter Weight, merupakan bagian pemberat yang dibuat dari beton yang terletak pada bagian belakang lengan tower crane. Bagian ini berfungsi sebagai penyeimbang tower crane saat mengangkut obyek.

Mast Section adalah bagian yang dapat mengatur ketinggian dari tower crane. Pemasangan bagian mast section dilakukan dengan bantuan alat hidrolik yang bergerak secara vertikal.

Joint Pin, merupakan bagian dimana operator mengoperasikan tower crane.

Sabuk Pengaman (Collar Frame atau Anchorages Frame), merupakan bagian yang perlu ditambahkan saat tower crane memiliki ketinggian yang melebihi dari batas free standing yang sudah ditentukan pabrik pembuatnya. Bagian ini diikat pada bangunan dengan memperhatikan kekuatan bracing agar bangunan tetap stabil saat menerima beban tarik dan tekan.

 

Sumber Berita :
Tabloid Steel Indonesia

Komentar Anda :

Share :

Baca Juga