Bronjong

Rabu, 3 Agustus 2016

Bronjong kawat atau gabion adalah kotak yang terbuat dari anyaman kawat baja galvanis yang pada penggunaannya disii batu-batu untuk mencegah erosi yang dipasang pada tebing-tebing tepi-tepi sungai, yang proses pembuatannya menggunakan mesin. Bronjong kawat banyak digunakan pada tebing, tepi sungai, yang proses pembuatannya menggunakan mesin. Bronjong kawat banyak digunakan pad tebing-tebing tanah agar tidak terjadinya longsor, juga tebing-tebing sungai pada pelaksanaan pekerjaan normalisasi sungai atau untuk mengatasi gerusan air sungai yang deras.

Kekuatan kawat bronjong tergantung dari bahan-bahan yang dipakai untuk bronjong, benda-benda yang hanyaut melalui bronjong, agresif atau tidaknya dari air yang mengalir disitu, adanya gangguan-gangguan dan baik tidaknya pembuatan, pemasangan dan pemeliharaan bronjong-bronjong itu sendiri.

Mata anyaman kawat yang merupakan lubang-lubang dari anyaman bronjong berbentuk segi enakm, dibuat sedemikian rupa hingga lingkaran dalam sari lubang itu tidak lebih besar dari pada ukuran rata-rata dari batu yang dipergunakan.

 

 


 

Sumber Berita :
Tabloid Steel Indonesia

Komentar Anda :

Share :

Baca Juga