Perhatikan Pada Saat Pemasangan

Selasa, 3 Mei 2016

Dalam menggunakan floor deck, tidak dapat dilakukan oleh semua orang. Hal ini dikarenakan pemasangan  floordeck memiliki perhitungan tersendiri.

Apabila anda menggunakan Steel floor Deck ada beberapa  hal yang perlu Anda perhatikan antara lain, hitung luas area yang akan Anda buat dak. Tujuannya agar  Anda tidak salah membeli ukuran. Sebelum dipasang, pastikan dudukan (alas menempelnya steel floor deck) rata. Tujuannya agar pelat terpasang rata dan sempurna. Ingat, steel floor deck bukan sistem konstruksi utama penyangga dak. Jadi Anda harus memperhatikan struktur antar kolomnya juga.

Ada beberapa hal lagi yang harus diperhatikan pada saat pemasangan steel floor deck. Berikut hal yang harus di perhatikan.

1. Selama pengecoran sebaiknya menggunakan papan sebagai jalan untuk para pekerja ketika meratakan adukan beton yang sudah dituang diatas lantai decking, hal ini diperlukan supaya lantai decking tidak terlalu banyak menerima beban manusia yang bekerja di atasnya dan menahan supaya tidak terjadi defleksi  pada lantai decking.

2. Ketika adukan beton tertuang diatas cetakan, adukan tersebut harus diratakan ke semua bagian pelat agar tidak terjadi penumpukan adukan beton di suatu tempat saja dan pemadatan beton bisa rata di semua bagian. bila terjadi penumpukan, akan menyebabkan beban beton tidak bisa merata diseluruh bagian pelat lantai , bisa menggunakan vibrator untuk meratakan adukan yang sudah dituang.

3. Untuk meratakan adukan sebaiknya dimulai dari ujung balok kemudian diratakan hingga tengah bentang pelat. Ada 2 arah yang bisa digunakan untuk meratakan, bisa searah atau juga bisa tegak lurus dengan rusuk lantai decking.

4. Pada saat meratakan dan memadatkan beton selama pengecoran, posisi tulangan susut harus tetap berada kurang lebih 2 cm dari bagian bawah permukaan pelat lantai. untuk menjaga jarak ini bisa menggunakan tahu beton yg diletakkan antara tulangan dengan floor decking.

5. Mutu beton yang digunakan minimal 21 Mpa atau 210 kg/cm2, hal ini untuk mendukung kekuatan pemakaian floor decking.

6. Bila akan menggunakan zat aditif untuk beton, sebaiknya gunakan zat aditif yang tidak mengandung zat – zat yang dapat merusak lapisan galvanis. Terdapat berbagai jenis floordek yang dapat digunakan dalam pembuatan pelat lantai, antara lain: Smartdek, Combideck, M-Decking, Bondek, Ribdeck, Steel Decking1000. Beberapa produk tersebut memiliki fungsi yang sama yaitu sebagai pengganti bekisting dan tulangan bawah. Dalam hal ini hanya dimensi, mutu baja dan pabrikan penghasil material yang membedakan produk yang satu dengan produk yang lainnya.

Sumber Berita :
Tabloid Steel Indonesia

Komentar Anda :

Share :

Baca Juga