Dengan “Steel Floor Deck” Ngedak Menjadi Lebih Hemat

Selasa, 3 Mei 2016

Steel floor deck adalah inovasi dan penyempurnaan dari dak beton konvensional, yang digunakan sebagai pengganti triplek pada pengecoran dag beton. Selain lebih simple keunggulan floor deck dibandingkan dengan triplek adalah lebih efisien karena tidak ada material yang terbuang. Selain itu jika Anda menggunakan floor deck sebagai pelapis dag beton, maka tiang pancang/penyangga dapat di minimalkan atau bahkan dihilangkan sama sekali. Dari segi penggunaan besi (wiremesh) juga akan lebih hemat karena hanya menggunakan 1 lapis saja.

Floor deck juga dikenal dengan nama bondek, umumnya memiliki ukuran tebal 0.75mm dan lebar 1m. Namun sebenarnya floor deck  juga mempunyai bermacam ketebalan dan ukuran. Ketebalan floor deck sama dengan ketebalan baja ringan, yakni 0.60mm, 0.65mm, 0.70mm, 0.75mm sampai 1.0mm. Lebar nya sendiri mulai 88Cm, 92Cm dan 100Cm.

Dengan menggunakan steel floor deck pekerjaan ngedak jadi lebih mudah dan lebih gampang, baik dalam proses persiapan maupun pengerjaannya. Ngedak pun jadi lebih cepat selesai, sangat efisien dari segi waktu dan tenaga pemasangan. Memakai steel floor deck juga menghemat semen, bekisting, dan perancah hingga 25% - 30%.

Jika dibandingkan dengan bahan lain, floor deck ini memiliki keunggulan yakni bisa menghemat penggunaan besi tulangan pada pelat lantai sehingga apabila lokasi atau area makin luas dan besar tentu biaya yang dikeluarkan akan menjadi lebih hemat lagi, sehingga dapat efisiensi budget atau biaya. Keunggulan yang kedua, floor deck  memiliki sifat yang tahan api.

Dalam uji laboratorium yang pernah dilakukan, material ini ditetapkan telah memenuhi standar keamanan yang dibutuhkan. Selain itu floor deck juga bisa diaplikasikan pada lantai atau diafragma pada bangunan atau gedung yang berukuran tinggi dan terdiri dari puluhan lantai. Penggunaan floor deck juga bisa membuat proses pengerjaan dan pembuatan dak jadi lebih mudah dilakukan, baik ketika dalam proses persiapan maupun proses pengedakan secara langsung. Hal ini menjadikan proses pembuatan dak lebih cepat sehingga ada efisiensi waktu yang cukup banyak.

Dengan adanya efisiensi waktu ini secara otomatis juga berpengaruh pada segi pembiayaan dan pemakaian tenaga kerja. Dan selain keunggulan yang telah dijabarkan, masih ada keunggulan floor deck lainnya yakni pemakaian bahan yang lain seperti semen, pasir, bekisting, hingga perancah juga bisa dihemat. Adapun nominal untuk penghematan itu bisa mencapai antara 25 sampai dengan 30 persen. Tentu merupakan nilai penghematan yang tidak sedikit.

Kemudian tentang harga, meski terbilang lebih mahal dibandingkan dengan triplek, tapi secara keseluruhan biaya yang harus dikeluarkan untuk pembuatan dak justru menjadi lebih murah, karena dengan mengganti material yang biasa gunakan menjadi floor deck  tidak memerlukan lagi bekisting. Lalu jika biasanya tebal dak dan beton adalah 15 cm namun bila memakai floor deck ketebalannya cukup 12 sampai dengan13 cm. Ketebalan inilah yang menghemat pemakaian material bahan hingga 30 persen.

Agar hasil makin bagus dan sempurna, pemakaian floor deck harus memperhatikan beberapa hal berikut. Pertama, luas dan ukuran area yang akan di dak dihitung dulu dengan teliti dan cermat. Sehingga ketika memesan atau membeli floor deck tidak terjadi kesalahan dalam menentukan ukuran panjangnya. Selanjutnya sebelum dipasang, alangkah lebih baik untuk diteliti dudukan atau alas yang digunakan sebagai dasar untuk meletakkan floor deck. Alas atau dudukan ini haruslah benar-benar lurus dan rata, sehingga pelat floor deck dapat terpasang dengan baik dan sempurna pada tempatnya.

Ada hal yang tak kalah penting, floor deck  bukanlah merupakan suatu sistem konstruksi serta kerangka utama untuk menyangga dan menahan beban dari dak sehingga kita harus membuat perhitungan struktur antara kolom yang satu dengan kolom yang lain.

Sumber Berita :
Tabloid Steel Indonesia

Komentar Anda :

Share :

Baca Juga