"Peranan Pameran INAPA 2016 dan IIBT 2016 dalam mendorong pertumbuhan industri karoseri dan komponen otomotif nasional"

Rabu, 30 Maret 2016

PERKEMBANGAN kelas menengah dan perluasan basis ekonomi disebut sebagai dua kekuatan pendorong dibalik perkiraan ekspansi industri otomotif Indonesia yang cepat. Aspek pendukung lainnya ialah tingkat kepemilikan industri otomotif di Indonesia lebih rendah jika dibandingkan dengan negara tetangganya. Di Indonesia, tingkat penetrasi industri otomotif sekitar 80 kendaraan per 1.000 orang. Itu jauh lebih kecil jika dibandingkan dengan di Malaysia yang penetrasinya 330 per 1.000 orang. Dengan populasi 240 juta orang dan pendapatan per kapita yang meningkat, Indonesia berpotensi menjadi pasar bagi para produsen dan importir otomotif.

 

Industri otomotif dan karoseri merupakan salah satu industri yang prospektif untuk dikembangkan di dalam negeri untuk mendukung pertumbuhan ekonomi dan pasar nasional dengan dukungan internasional. Tidak hanya perkembangan pasar dalam negeri yang mengalami pertumbuhan positif, namun juga kegiatan ekspor produk otomotif & karoseri termasuk komponennya, mengalami pertumbuhan yang signifikan. Perkembangan ini sejalan dengan membaiknya indikator makro ekonomi Indonesia,  pertumbuhan  ekonomi  Indonesia  yang  stabil,  peningkatan  investasi sektor  otomotif  serta  pemberlakukan  regulasi  otomotif  yang  mendukung pertumbuhan pasar.

 

Indonesia,  dengan  peranannya  di  ASEAN  Economic  Community  (AEC)  sebagai salah  satu  negara  yang  dapat  mendukung  pertumbuhan  basis  produksi internasional. Pada sisi investasi, kondisi ini dapat menciptakan iklim yang mendukung masuknya Foreign Direct Investment (FDI) yang dapat menstimulus pertumbuhan ekonomi melalui perkembangan Industri otomotif dan karoseri.

 

Untuk memaksimalkan perkembangan industri otomotif dan karoseri dalam negeri, dibutuhkan ruang otomotif yang masif, salah satunya adalah menggelar pameran otomotif dan karoseri berskala internasional yaitu The 8th International Trade Exhibition for Auto Parts, Accessories and Vehicle Equip (INAPA) dan The 7th Indonesia International Bus, Truck & Component (IIBT)”, yang akan diselenggarakan  pada  tanggal  29  Maret   1  April  2016  di  JIExpo  Kemayoran Jakarta.

 

INAPA 2016 merupakan pameran komponen otomotif dan satu-satunya pameran otomotif dan karoseri terbesar di Asia Tenggara, akan diikuti oleh 1.100 perusahaan yang mewakili 25 negara dan menempati 8 hall dengan luas area 25.000 sqm, dengan 35.000 pengunjung profesional lebih dari 35 negara.

 

Sumber Berita :
www.steelindonesianews.com

Komentar Anda :

Share :

Baca Juga