"Rajanya" Pasar Retail !!

Kamis, 24 maret 2016

Kawan Lama Sejahtera adalah perusahaan penyedia peralatan industri yang berkantor pusat di Meruya Kembangan Jakarta Barat. Perusahaan ini menyediakan berbagai macam peralatan industri mulai dari alat rumah tangga sampai alat-alat bengkel. Dengan semakin banyaknya produk yang dipasarkan dan agar lebih fokus melayani dan memenuhi kebutuhan pelanggan, maka pada tahun 1995 diluncurkan kebijakan membangun Grup Kawan Lama yang terdiri dari: PT Ace Hardware Indonesia, PT Informa Furnishings (dahulu Index Furnishings), Indokompresigma, Global Tools Indonesia, Kawan Lama Multiweldindo, Millerweldindo, Toys Kingdom, Chatime, dan Kawan Lama Internusa. Memasuki 1997-1998, ketika Indonesia didera krisis ekonomi dan politik, Kawan Lama justru berhasil menciptakan brand sendiri, Krisbow, yakni produk perkakas teknik, industri, permesinan, kebutuhan rumah tangga, dan hobi. Produk Krisbow memiliki keunggulan tersendiri, harganya terjangkau dengan kualitas yang tetap terjaga. Menyadari pasar yang lebih kompetitif dan tantangan era global, pada tahun 2004 Kawan lama menetapkan visi baru: perusahaan kelas dunia (world class company) yang diikuti oleh peningkatan kualitas layanan kepada pelanggan. Hal ini dipenuhi dengan pembaruan ISO 9002 menjadi ISO 9001:2000, lalu pembaruan dari 9001:2000 menjadi 9001:2 .

Pada hari kamis, tanggal 3 Maret 2016 bertempat di gedung Kawan Lama Pertemuan antara pihak PT. Kawan Lama dengan AMBI dan steelindonesia.com yang dilakukan diinisiasi oleh pihak PT Kawan Lama. Dalam acara ini diagendakan pembahasan mengenai peluang bisnis yang bisa dijalin masing-masing pihak. “Peluang kerjasama dengan kawan lama sebagai pemasok peralatan dan perlengkapan industri nasional terbesar di Indonesia tentu tidak bisa dikesampingkan begitu saja” kata Singgih Wasesa, steelindonesia.com.  “Sebagai  salah satu faktor kunci keberlangsungan proses produksi sebuah industri terdapat peralatan dan perlengkapan di dalamnya.” imbuhnya.

Dalam pertemuan ini AMBI mengusulkan diadakannya training peningkatan mutu SDM industri konstruksi nasional. Dalam hal ini AMBI sebagai wadah masyarakat baja Indonesia memberikan pandangan bahwa kualitas SDM adalah salah satu syarat utama kemajuan industri nasional. “masa depan industri nasional akan banyak sekali ditentukan dari kualitas sumber daya manusianya” kata Ken Pangestu, Ketua Umum AMBI. “apalagi dengan telah diberlakukannya MEA, kita tidak bisa lagi bersantai menghadapi persaingan ini. Siap tidak siap MEA sudah dimulai, kita harus memiliki semangat dan daya juang yang tinggi untuk menjadi tuan rumah di negeri sendiri” imbuhnya.

Menanggapi usulan pihak AMBI, pihak kawan lama sangat mendukung usulan tersebut. Kawan lama merasa peningkatan kualitas SDM industri nasional harus segera dilakukan karena persaingan sekarang tidak hanya di tingkat lokal namun juga sudah merambah tingkat regional ASEAN. “mau tidak mau kita harus survive, SDM lokal harus merajai lahan sendiri. Jangan sampai kita punya lapak, tapi yang pakai orang asing.” Kata Tony Sartono, Managing Director PT. Kawan Lama. “Peningkatan mutu SDM menjadi harus segera dilaksanakan karena sudah sangat mendesak dan saya harap, semoga ini bisa dimulai dari kita.” Imbuhnya. 

Pertemuan ini akhirnya melahirkan kesepakatan bahwa para pihak sepakat untuk melaksanakan training bersama dengan support sesuai kemampuan dari masing-masing pihak. Secara garis besar pihak AMBI dan steelindonesia.com akan menyediakan konsep dan tempat untukk training sedangkan dari pihak kawan lama akan menyediakan peralatan dan perlengkapan yang dibutuhkan dalam training tersebut. “kami menyambut baik usulan ini, kawan lama siap memberikan support kepada AMBI dan steelindonesia.com untuk menyelenggarakan training ini.” Kata Ferry Ardinata, Sales Director PT. Kawan Lama.

“Pertemuan hari ini sangat positif dan semoga menjadi momentum kebangkitan industri kita. Kerjasama ini selanjutnya akan dituangkan dalam bentuk MOU” Tutup Singgih Wasesa .

 

Sumber Berita :
Tabloid Steel Indonesia

Komentar Anda :

Share :

Baca Juga