Nyaman Menggunakan Baja Ringan Dengan Teknologi Terbaru

Selasa, 22 Maret 2016

Seiring berjalannya waktu pula penggunaan tekologi dalam pembuatan baja ringan terus mengalami perkembangan dengan teknologi yang lebih muktahir sehingga dapat menghasilkan produk yang sesuai dengan ukuran, ketebalan,serta kualitas yang baik untuk dapat digunakan dengan aman oleh penggunanya.

Salah satu contohnya adalah PT Alsun Suksesindo. Produsen ini menggunakan mesin roll forming  yang merupakan hasil dari penelitian dan pengembangan perusahaan.

“Mesin ini hasil penemuan dari Pimpinan perusahaan kami sendiri, Bapak Effendy Kesuma,” ujar Direktur Marketing PT Alsun Suksesindo Nicolas Kesuma kepada Tabloid Steel Indonesia.

Selain mesin hasil pengembangan itu, perusahaan yang dapat memprdouksi 10.000 ton dalam satu tahun ini juga menggunakan sebuah aplikasi dari Australia. Nantinya, aplikasi ini dapat menganalisa  kekuatan struktur rangka atap dan dinding sebuah bangunan.

“Teknologi yang kami adopsi adalah dari negara Australia, dimana building code yang digunakan adalah AS/NZ. Teknologi ini dituangkan dalam software canggih dimana software tersebut dapat memberikan analisa engineering untuk kekuatan struktur rangka atap dan dinding bangunan,” jelasnya.

Maka dari itu, lanjut Nicolas, ia menyarankan untuk berkonsultasi dalam membuat struktur baja ringan untuk meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan pada suatu waktu.

“Karena beberapa manufaktur tidak bertanggung jawab secara baik dari segi Software pemasangan dimana perhitungan pada pemasangan adalah kunci dari keberhasilan struktur rangka atap baja ringan,” tambahnya.

Di sisi lain, beberapa hal disayangkan. Seperti kurangnya sosialisasi kepada masyarakat akan pentingnya keamanan struktur rangka atap baja ringan. Sehingga resiko rubuh sebuah struktur rangka atap baja ringan masih sangat tinggi.

“Kadang orang itu memasang berdasarkan dengan pengalaman saja,” tuturnya.

Sumber Berita :
Tabloid Steel Indonesia

Komentar Anda :

Share :

Baca Juga