Jaring Laba-Laba Mengalahkan Kekuatan Baja?

Senin, 4 Januari 2016

Beberapa ilmuan telah mengakui kekuatan jaring laba-laba bahwa kekuatan benang yang dihasilkan dari hewan tersebut 5 kali lebih kuat dari pada baja dengan ketebalan yang sama. Baja sendiri merupakan material yangt terkuat yang telah ditemukan oleh manusia hingga saat ini.

Jaring laba-laba juga memiliki keistimewaan lain yaitu memiliki gaya tegang sebesar 150.000 Kg/M2 dan jika ada seutas tali dengan diameter 30 centimeter yang berasal dari serat laba-laba maka tali tersebut dapat menopang beban sebanyak 150 mobil. Sungguh mengagumkan bukan?

Tentunya tidak sampai disitu saja, ilmuan terus melakukan penelitian terhadap jaring laba-laba yang akan menggantikan Kevlar sebagai rompi anti peluru. Bahkan, dengan temuan kekuatan jaring laba-laba itu Angkatan Bersenjata Amerika Serikat berencana menggunakan penemuan itu untuk peralatan bersenjatanya. Menurut data yang ada, jaring laba-laba ini 10 kali lebih kuat dari pada Kevlar yang ada.

Salah  serorang ilmuan Markus Buehler dari Massachusetts Institute of Technology di Boston beranggapan bahwa kekuatan sesungguhya bukan berasal dari jaring laba-laba tersebut, melainkan perubahan sifat mekanis ketika suatu benda mengenai jaring tersebut.

Jaring laba-laba memiliki desain khusus yang dibuat laba-laba itu sendiri.  Sehingga, jaring tersebut dapat meminimalisir kerusakan yang terjadi. Dan telah dibuktikan bahwa jika jaring laba-laba tersebut dikurangkan bebannya hingga 10 persen, maka jaring laba-laba tersebut akan lebih kuat sebesar 10 persen. Ada dua jenis benang sutra yang terdapat dalam jaring laba-laba yaitu benang sutra kaku dan kering.

Sungguh kekuatan yang menakjubkan dari jaring yang dihasilkan oleh seekor laba –laba. Hingga saat ini, penemuan tentang jaring laba-laba terus dikembangkan oleh para ilmuan  yang menitikberatkan pada kebutuhan militer.

Sumber Berita :
Tabloid Steel Indonesia

Komentar Anda :

Share :

Baca Juga