Jembatan Sei Tayan Kalbar Jadi Jembatan Terpanjang Kedua Di Indonesia Setelah Suramadu

Senin, 4 Januari 2016

Jembatan dengan nama  lengkap Sei Tayan ini melakukan  awal pengerjaannya pada tahun 2013 silam. Proyek yang termasuk bagian dari Trans Kalimantan Lintas Selatan ini menghabisakan dana senilai Rp. 740 miliar yang menghubungkan dua provinsi antara Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah. Dana tersebut 90% berasal dari pinjaman China dan 10% berasal dari Anggaran Pendapatan, dan Belanja Negara (APBN) murni.

Pengerjaan jembatan terpanjang di Kalimantan ini dilakukan oleh PT Wijaya Karya selaku kontraktor dan China Road and Bridge Corporation (CRBC). Proyek tersebut sempat molor dari yang telah ditargetkan selesai pada akhir tahun 2014. Kini, proses pengerjaan Jambatan Tayan tersebut telah memasuki proses finishing.

Wakil Gubernur Kalimantan Barat, Christiandy Sanjaya mengatakan Jembatan Tayan akan diresmikan pada Januari 2016 oleh Presiden RI Joko Widodo setelah hasil uji beban jembatan keluar.

“Sedang diajukan ke gubernur dan menunggu keputusannya. Tapi kalau sebelum itu sudah bisa ya tidak apa-apa,” kata Christiandy Sanjaya.

Masyarakat Tak Lagi Bayar Untuk Menyebrang

Setelah pembangana Jembatan Sei Tayan rampung dikerjakan, masyarakat sekitar kini tak perlu lagi merogoh kocek untuk menyebrang antar pulau. Sebelumnya, masyarakat harus mengeluarkan ongkos menyebrang menggunkan kapal ferry dengan tariff Rp. 100rb – Rp. 230rb dalam satu kali penyebrangan selama 30 menit.

Selama ini yang melayani penyebrangan Trans Kalimantan menggunakan jasa kapal laut adalah PT ASDP Indonesia Ferry yang melayani penyebrangan terbatas dari pukul 05.00 – 22.00

Daya Tarik Wisata

Jembatan yang memiliki lebar 11 meter ini disebut-sebut sebagai jembatan terpanjang di Indonesia setelah Jembatan Nasional Suramadu yang menghubungkan Pulau Jawa dengan Pulau Madura.

Akhir-akhir ini Jembatan Sei Tayan banyak diperbincangkan di media social. Tak banyak warga yang dating melihat jembatan berwarna merah putih itu hanya untuk sekedar berfoto. Tak jarang masyarakat luar daerah juga berkunjung ke jembatan yang menjadi kebanggaan masyarakat Kalimantan itu untuk berfoto dan memamerkannya pada akun media social miliknya.

Membangun Perkembangan Ekonomi

 Tentunya banyak dampak baik dari pembangunan Jembatan Sei Tayan Kalimantan Barat ini. Salah satunya adalah dapat mnggerakan roda perekonomian masyarakat sekitar. Dengan adanya jembatan penghubung ini masyarakat akan lebih efektif dan melakuakan roda perekonomian di Kalimantan.

Sumber Berita :
Tabloid Steel Indonesia

Komentar Anda :

Share :

Baca Juga