Aveva Bocad Software Mudahkan Mendesain Tower

Senin, 16 November 2015

Mendesain suatu proyek dari sebuah ide di kepala menjadi gambar kerja, tentu memerlukan piranti lunak khusus. Sebut saja Autocad, piranti lunak  yang umum digunakan dalam menggambar proyek konstruksi.


Namun perkembangan dunia teknik sipil sudah demikian pesat. Karenanya diperlukan juga piranti lunak yang dapat memenuhi kebutuhan tingginya tingkat kerumitan dalam suatu desain atau gambar kerja.


AVEVA Bocad Software adalah satunya. Piranti lunak milik perusahaan pengembangan teknologi AVEVA asal Inggris ini merupakan merupakan peranti lunak yang direkomendasikan dalam menggambar desain suatu proyek.


Operation Director PT Piranti Sarana Technologi (distributor AVEVA Indonesia), Stefanus Siswanto, mengungkapkan software Bocad merupakan peranti lunak yang cakupan penggunaannya luas, ”Bocad bisa digunakan untuk mendesain gedung, gudang, jembatan, tower, dan struktur bangunan lainnya,” katanya.


Khusus untuk menggambar tower misalnya,  AVEVA Bocad Tower menyediakan berbagai fungsi khusus untuk mendesain secara rinci semua jenis menara dan tiang tower. AVEVA Bocad Tower juga memenuhi semua kebutuhan yang detail untuk engineering fabrikasi dan sebagainya.


Peranti lunak ini dinilai produktif sebagai stand alone solusi, terintegrasi dengan semua menara/tiang, mekanik, plant dan sistem desain offshore, termasuk AVEVA E3D, AVEVA PDMS dan AVEVA Outfitting, yang fungsiny memperluas desain struktural demi meningkatkan efisiensi pada plant, listrik, laut atau proyek-proyek lepas pantai. “AVEVA Bocad Tower biasanya digunakan oleh pabrikan tower dan industri energi offshore,” tambah Siswanto.


Dari segi penggunaan peranti lunak ini tergolong user friendly, dan memiliki banyak fitur-fitur solusi untuk menghitung sudut-sudut atau titik keseimbangan sebuah Menara. Fitur ini penting mengingat dalam membangun sebuah menara atau tower, perhitungannya tidak boleh meleset sedikitpun.


Dari sisi harga, peranti lunak ini juga cukup kompetitif. “Dengan keunggulan yang sudah advance, harga software ini justru tidak lebih mahal dari harga peranti lunak lainnya,” ujar Siswanto.


Menurut Siswanto, dulu harga software ini bisa mencapai 90.000 US$ namun kini hanya bekisar 21.000 USD-25.000 US$. Saat ini sudah banyak industri yang sudah memakai AVEVA Bocad Tower dikarenakan tingkat keakuratan yang sempurna. Berbagai perusahaaan yang telah memakai software ini antara lain PT Gunung Steel Construction,PT Bukaka Tehnik Utama, PT Karunia Berca Indonesia,PT Wijaya Karya, Technip, PT Bangun Sarana Baja,  dan Singgar Mulia.

 

 

Sumber Berita :
Tabloid Steel Indonesia

Komentar Anda :

Share :

Baca Juga