Mengenal Produk-Produk Dalam Tower Transmisi

Senin, 16 November 2015

Baut dan Mur

Baut adalah sebuah alat yang digunakan untuk menyatukan / menyambung dua buah benda untukkeperluan tertentu. Sambungannya bisa di buka dan ditutup lagi tanpa merusak benda yang disambung. Contohnya digunakan dalam konstruksi-konstruksi dan alat permesinan. Dalam proses penyambungan, baut dibantu pasangannya, yaitu mur. bagian terpenting dari baut dan mur adalah ulir. Satu set Mur baut ( nut and bolt ) terdiri dari Baut, Ring Plat, Ring Per dan Mur. Empat komponen tersebut mempunyai fungsi yang saling melengkapai, meskipun kadang orang hanya memakai mur dan baut saja demi alasan penghematan. Sedang dari kekuatannya Baut dibagi menjadi beberapa jenis. Pertama adalah Common Bolt ( CB ), Medium Tensile Bolt ( MTB ), High Tensile Bolt ( HTB ) dan Super High Tensile Bolt ( SHTB ). Common Bolt ditandai dengan tulisan angka 3, 4 atau tanpa tulisan dikepalanya. MTB ditandai dengan tulisan 4.6, HTB ditandai dengan 8.8 dan SHTB ditandai dengan 10.9. sedang dari jenis baut terbagi menjadi dua macam, Black Bolt ( baut hitam ) dan Galvanized Bolt ( Baut Galvanis ). Baut hitam terbuat dari Baja tanpa lapisan, sedang baut galvanis dilapis antikarat. Untuk CB dan MTB memakai galvanis standard 1-3 micron dengan system electroplating (planting / ucp) dan untuk HTB memakai galvanis 7 micron (hot dipped galvanized). Terdapat beberapa standar acuan dalam pembuatan ulir baut, beberapa diantaranya adalah Standard British Witworth, British Association, American National Standard, Unified Standard, Square Thread, Acme Thread, Knuckle Thread, Buttress Thread, Metric Thread. dari bermacam-macam standard tersebut, yang sekarang digunakan sebagai acuan dalam perdagangan adalah Standard British Witworth dan Standard Metris.


Kabel

Kabel listrik adalah media untuk menyalurkan energi listrik. Sebuah kabel listrik terdiri dari isolator dan konduktor. Isolator adalah bahan pembungkus kabel yang biasanya terbuat dari karet atau plastik, sedangkan konduktor terbuat dari serabut tembaga atau tembaga pejal. Kemampuan hantar sebuah kabel listrik ditentukan oleh KHA (kemampuan hantar arus) yang dimilikinya dalam satuan Ampere. Kemampuan hantar arus ditentukan oleh luas penampang konduktor yang berada dalam kabel listrik. Sedangkan tegangan listrik dinyatakan dalam Volt, besar daya yang diterima dinyatakan dalam satuan Watt.


Besi beton

Besi beton merupakan besi yang digunakan untuk penulangan konstruksi beton atau yang lebih dikenal sebagai beton bertulang. Beton bertulang yang mengandung batang tulangan dan direncanakan berdasarkan anggapan bahwa bahan tersebut bekerja sama dalam memikul gaya-gaya. Beton bertulang bersifat unik dimana dua jenis bahan yaitu besi tulangan dan beton dipakai secara bersamaan. Tulangan menyediakan gaya tarik yang tidak dimiliki beton dan mampu menahan gaya tekan. Secara umum besi beton tulangan mengacu pada dua bentuk yaitu besi polos (plain bar) dan besi ulir (deformed bar/BJTD). Besi polos adalah besi yang memiliki penampang bundar dengan permukaan licin atau tidak bersirip. Besi ulir atau besi tulangan beton sirip adalah batang besi dengan bentuk permukaan khusus berbentuk sirip melintang (puntir/sirip ikan) atau rusuk memanjang (sirip teratur/bambu) dengan pola tertentu, atau batang tulangan yang dipilin pada proses produksinya. ulangan ulir, yang diberi ulir melalui proses rol pada permukaannya (polanya berbeda tergantung dari pabrik pembuatnya) untuk mendapatkan ikatan (bonding) yang lebih baik antara tulangan dan beton yang digunakan pada hampir semua aplikasi dibandingkan dengan tulangan polos dengan luas penampang sama. Bentuk ulir berupa sirip meningkatkan daya lekat guna menahan gerakan dari batang secara relatif terhadap beton. Tulangan polos (BJTD) jarang digunakan kecuali untuk membungkus tulangan longitudinal (sengkang atau spiral) yang diberi kait pada ujungnya, terutama pada kolom.


Galvanis

Galvanis adalah proses pelapisan logam anti karat atau non corrosive metal pada besi. Galvanis dapat juga dikenali dari warnanya yang silver atau bronze namun tidak mengkilat atau doff. Warna itu juga sering disebut dull silver. Untuk tingkat ketebalannya, galvanis punya tingkat ketebalan yang beragam. Mulai dari 1 micron (seperseribu milimeter) sampai 9 micron juga bahkan lebih. Untuk ketebalan 1 micron itu biasanya produsen akan memberi jaminan selama 3 tahun anti karat (3years rustfree) dan untuk ketebalan 7 micron produsen bisa memberi jaminan hingga 30 tahun. Jadi, semakin tinggi tingkat ketebalannya maka akan semakin tinggi pula tingkat kekebalannya terhadap karat. Proses galvanis ini memiliki dua macam cara. Yang pertama adalah Electro Plating atau dalam bahasa proyek biasa disingkat dengan EP. Proses ini dengan cara memberi aliran listrik dalam kolam galvanis. Sehingga partikel galvanis menempel pada besi sampai ketebalan yang diinginkan. Sedangkan proses yang kedua adalah Hot Dip galvanis (hot dipped galvanized) atau dalam bahasa proyek biasa disingkat dengan HD. Proses yang kedua ini dengan cara mencelupkan besi ke dalam kolam galvanis panas. Semakin sering dicelup semakin tebal lapisan galvanisnya.


Besi siku

Besi siku adalah besi plat yang bentuknya siku atau memiliki sudut 90 derajat. Panjang besi siku ini biasanya adalah 6 meter. Biasanya, besi siku digunakan untuk membuat rak besi, tower air, dan konstruksi besi lainnya. Besi siku juga memiliki ukuran lebar dan ketebalan yang berbeda – beda sehingga konsumen bisa memilih besi sesuai dengan kebutuhan. Besi siku biasanya juga dikenal dengan equal angle bar. Besi siku biasanya digunakan untuk pembuatan rak maupun konstruksi besi lainnya. Jenis besi ini banyak digunakan karena profilnya yang kokoh dan tahan lama sehingga cocok untuk keperluan konstruksi jangka panjang karena bisa bertahan hingga bertahun – tahun.


Plat

Pelat baja merupakan lembaran baja dengan ketebalan yang relatif kecil dibandingkan ukuran panjang dan lebar lembarnya. Lembaran baja setelah dirol mumpunyai sifat-sifat yang mudah dilas dan dibentuk. Dalam konstuksi baja, plat baja banyak digunakan untuk konstruksi jembatan, tower, dll.


Aksesoris listrik/tower

Isolator listrik adalah bahan yang tidak dapat atau sulit untuk mentransfer muatan listrik. Dalam bahan isolasi terikat erat elektron valensi dalam atom. Bahan-bahan ini digunakan dalam perangkat elektronik sebagai isolator, atau menghambat aliran arus listrik. Isolator juga berguna sebagai beban atau pemisahan antara konduktor tanpa membuat arus yang mengalir keluar atau hanya antara konduktor. Istilah ini juga digunakan untuk nama alat yang digunakan untuk mendukung kabel transmisi listrik pada tiang-tiang listrik.

 

Transformator (trafo) adalah suatu alat listrik yang dapat memindahkan dan mengubah energy listrik satu atau lebih rangkaian listrik satu atau lebih rangkaian listrik ke rangkaian listrik yang lain, melalui suatu gendeng magnet berdasarkan prinsip induksi-elektromagnet. Transformator adalah alat yang digunakan untuk mengubah tegangan bolak balik (ac) dari suatu nilai tertentu ke nilai yang kita inginkan terdiri dari kumparan primer dan sekunder.

Sumber Berita :
Tabloid Steel Indonesia

Komentar Anda :

Share :

Baca Juga