Seminar AVEVA Software 2015

Senin, 14 September 2015

Seminar AVEVA kembali digelar pada 12 agustus 2015 bertempat di Mulia Hotel Jakarta. Seminar ini memperkenalkan PDMS, yang merupakan software 3D yang dimiliki AVEVA. Didalam dunia EPC, sering mendengar istilah PDMS. PDMS adalah singkatan dari Plant Design Management System yang merupakan sebuah program untuk membuat modeling 3D struktur pengeboran minyak lepas pantai.  Namun sekarang banyak digunakan untuk mendesign konstruksi bangunan. PDMS sangat penting peranannya karena ia mampu menunjukan model dari konsep 3D saat proses desain berlangsung. Model inilah nantinya yang akan digunakan oleh banyak pihak, baik internal si konseptor (perusahan EPC), Client selaku pemilik project maupun vendor yang nantinya memberikan atau melengkapi penbuatan dari pabrik seperti vessel, pompa atau HVAC (heating, ventilation and air conditioning).

 

Saat diwawancara Richard Brotherton B.Eng Vice President Sales-Fabrication Division, mengatakan kita sangat tertarik dengan perkembangan dunia konstruksi dan migas di Indonesia sehingga AVEVA sangat ingin membantu dalam design-pabrikasi hingga ereksi dan membuatnya “better project design”. AVEVA satu satunya plant design sampai ke tahap ereksi dengan kemungkinan miss 0 persen.


 

PDMS lebih cocok dibilang sebuah sistem karena PDMS merupakan tools untuk memanaje data-data yang diperlukan dalam mendesign suatu plant atau platform. Sebagai informasi bahwa PDMS terdiri dari banyak sekali turunan seperti P&ID's, PDMS Global, dll, yang jika semua turunan tersebut dipakai akan mempercepat design dari sebuah plant atau platform. PDMS merupakan software yang besar dan cukup mahal harganya sehingga jarang dipakai di project-project onshore walau ada beberapa company yang telah memakainya. Banyak industri yang memakai PDMS ini seperti, Gunung Garuda, Singgar Mulia, dll. 

Sumber Berita :
Tabloid Steel Indonesia

Komentar Anda :

Share :

Baca Juga