Limbah Besi Disulap Menjadi Karya Seni

Kamis, 4 Juni 2015

Limbah besi yang biasanya dibuang atau dilebur, ternyata bisa dimanfaatkan menjadi karya seni. Di tangan seniman seperti Teguh Ostenrik, Taufik Monyong, Arifin Londo, dan Dukan Wahyudi, besi baja yang kaku diubah menjadi benda artistik yang penuh lekukan indah.

Di Indonesia, Teguh Ostenrik memang kerap menggunakan limbah limbah sebagai media untuk menghasilkan karya seni seperti patung, figure, maupun seni instalasi.

Teguh Ostenrik adalah salah satu seniman papan atas Indonesia jebolan institute seni Hochschule der Künste, Jerman. Karya-karyanya yang terbuat dari limbah besi, antara lain patung-patung baja berkarat di Gedung Arsip Nasional dan ratusan wajan besi melayang di kubah atrium mal mewah Pacific Place.

Pada tahun 2014 lalu teguh juga membuat seni instalasi dari besi baja yang ditenggelamkan di laut Senggigi untuk kampanye perlindungan terumbu karang. Pokoknya di tangan seniman satu ini, besi baja bekas dapat disulap menjadi karya yang indah.

Selain teguh, masih banyak pematung-pematung kelas dunia yang memanfaatkan limbah besi seperti onderdil mobil,  baut, mur, rantai, untuk dijadikan  patung-patung artistik.

Sebut saja misalnya Ban Hun Lek, sebuah perusahaan pengolah limbah besi asal Thailand yang membuat action figure seperti hulk atau tokoh tokoh animasi lainnya. Berikut kami sajikan gambar-gambarnya.

 

 

Sumber Berita :
Tabloid Steel Indonesia

Komentar Anda :

Share :

Baca Juga