Pabrik Baja Bakrie Ekspor Pipa Pengeboran Migas Hingga AS

Kamis, 21, Mei 2015

Bekasi -PT Bakrie Pipe Industries, anak usaha dari PT Bakrie &‎ Brothers Tbk mendapatkan kontrak untuk memasok pipa pengeboran migas ke Amerika Serikat (AS). Sebanyak 80.000 ton pipa untuk keperluan pengeboran minyak dan gas (migas) bakal diekspor hingga 2016.

Direktur Utama PT Bakrie Pipe Industries Mas Wigrantoro Roes menuturkan, kontrak kerjasama dengan perusahaan AS sudah dilakukan pada September lalu. Disepakati perjanjian pembelian pipa casing untuk pengeboran minyak sebanyak 80.000 ton bermacam-macam ukuran.

"Jadi kan kemarin eksplorasi itu menurun, sekarang mulai naik lagi. Kami kirim casing berbagai ukuran untuk pengeboran di Amerika Serikat‎," kata Wograntoro Roes ditemui di pabrik Bakrie Pipe Industeis, Medan Satria, Bekasi, Jawa Barat, Kamis (21/5/2015).

Ia mengatakan, pengiriman akan dilakukan hingga 2016 nanti. Di tahun ini, akan dikirimkan sebanyak 9.000 ton casing pipa yang dibagi menjadi dua tahap.

"Mulai Juni ini kita kirim 4.000 ton, dan 5.000 ton. Jadi tahun ini 9.000 ton akan dikirim dua kali," katanya.

Mas Roes menyebutkan, AS merupakan pasar pipa terbesar dunia. Meski begitu belum banyak pipa untuk migas hasil produksi Bakrie Pipe Industries yang dikirim ke Negeri Paman Sam tersebut. Ia mengatakan beroperasinya coating plant atau pabrik pelapisan baja yang baru diresmikan hari ini, jumlah ekspor akan lebih banyak lagi.

"Kami juga sedang bicara untuk line pipe. Amerika itu pasar terbesar. Selain ke Amerika kita juga ekspor ke Singapura, tapi dari Singapura mereka juga kirim ke Amerika. Jadi di Singapura itu sebagai trader, di AS sebagai stockist," tuturnya.

Sayangnya tidak disebutkan nilai kontrak atau harga yang ditetapkan untuk penjualan pipa-pipa tersebut ke AS, karena menurutnya, harga berubah-ubah.

"Jadi biasanya harganya itu pas mau dikirim, 3 bulan sebelum dikirim dia minta notifikasi," tutupnya.

Pabrik yang terletak di kawasan Medan Satria, Bekasi, Jawa Barat ini mampu memproduksi 800.000 meter persegi lapis baja per tahunnya, dengan menggunakan sistem fusion bonded epoxy (FBE), three layer polyethylene (3PLE) dan three layer polypropylene (3LPP). Mesin tersebut juga mampu melapisi pipa mulai dari ukuran 4 inchi hingga 48 inchi.

Sumber Berita :
www.detik.com

Komentar Anda :

Share :

Baca Juga