Spiral Pipe

Senin, 6 April 2015

Spiral Weld Pipe, seperti namanya, adalah pipa baja las yang memiliki alur pengelasan seluruh panjang dalam bentuk spiral. Di masa lalu, karena metode pembuatan, Spiral pipa dilas hanya diperuntukkan untuk Pipa tekanan rendah dan aplikasi struktural. Dengan perkembangan proses Submerged Arc Welding, produksi besar gulungan canai panas dengan lebar yang cukup dan pengembangan metode pengujian non-destruktif diandalkan, sekarang memungkinkan  untuk menghasilkan Spiral Weld pipa untuk layanan tekanan tinggi.

 

 

Pipa spiral yang serbaguna ini populer di berbagai aplikasi di kalangan industri minyak & gas, konstruksi bangunan, dan sistem distribusi liquid / cairan. Jenis produk pipa ini juga sering digunakan untuk pondasi tiang pancang,dan pelabuhan / dermaga. Pipa Spiral diproduksi dengan teknologi Submerged Arc Welding (SAW) otomatis di kedua sisi untuk memastikan besar konsistensi pengelasan dan kualitas produk. Untuk proyek kerja tertentu, pipa spiral dibuat sesuai dengan kebutuhan ketebalan yang berbeda dan diameter hingga 64"OD.

 

 

Karena metode produksi, berbagai variasi diameter dapat diproduksi. Toleransi diameter yang kecil, terutama yang berkaitan dengan ovality karena mempunyai axial simetris dengan kelurusan yang terjaga.

 

Bahan Baku :

Gulungan Lembaran Plat (HRC)

Proses Produksi :

Lembaran plat diluruskan menuju mesin forming rolls. Kemudian digulung  sampai bertemu antara kedua sisi sambil dilakukan pengelasan luar dan dalam.

Ujung material lalu dilakukan pemotongan rata hingga sudut 90 derajat menggunakan plasma cutting dan di-’bevel’ membentuk sudut antara 30-35 derajat.

Proses selanjutnya  material dipindahkan dan dilakukan pengujian atau inspeksi mutu sebelum dinyatakan lulus uji.

Standart Mutu Hot Rolled Plate :

Standar: API 5L, ASTM A 252, AWWA C 200, DIN 1626, BS 3601.     Ukuran : Ø 6.5” – Ø 120” (Outside Diameter)

 

 

Sumber Berita :
Tabloid Steel Indonesia

Komentar Anda :

Share :

Baca Juga