Ketua Umum AMBI : 78 Persen Konsumsi Baja untuk Konstruksi

12 November 2014

Sektor konstruksi sejauh ini masih memberikan kontribusi terbesar untuk kelangsungan industri besi baja nasional. Dari keseluruhan produksi besi baja nasional, 78 persen dikonsumsi untuk kebutuhan kontruksi, demikian disampaikan oleh Ketua Asosiasi Masyarakat Baja Indonesia (AMBI) Ken Pangestu di sela-sela seminar sehari bertema “Industri Besi Baja Dalam Aplikasi Kontruksi” pada Jumat (5/11), di Jakarta.

 

“Tidak dipungkiri, sektor konstruksi memang menjadi sektor penyumbang terbesar dalam industri besi baja. Konsumsi baja untuk sektor konstruksi mencapai 78 persen, kemudian yang kedua adalah sektor transportasi sebesar 8 persen, sektor migas 7 persen, permesinan 4 persen, dan lain-lain 3 persen,” ungkap Ken.


Menurut Ken, tingginya konsumsi sektor konstruksi bukan hal aneh, lantaran dalam pembangunan sebuah konstruksi, misalnya properti atau infrastruktur, besi baja merupakan komponen yang tidak bisa dilepaskan. “Selain semen, besi baja merupakan komponen utama dalam pembangunan konstruksi atau infrastruktur,” ujarnya.

Mengingat hal itu, sebagai Ketua Umum AMBI, Ken meminta kepada pemerintah baru Jokowi-JK untuk terus melakukan pembangunan infrastruktur sebagaimana janji kampanye. Sebab, maraknya pembangunan infrastruktur menjadi salah satu pemicu berkembangnya industri besi baja.


Pemerintahan Jokowi-JK memang memiliki program pembangunan infrastruktur misalnya TOL laut, pembangunan pelabuhan atau bandara, serta pembangunan sektor transportasi lainnya.

Sumber Berita :
steelindonesia

Komentar Anda :

Share :

Baca Juga